Powered By Blogger

Friday, April 25, 2014

Beberapa kesalahan para pemilik anjing

Seringkali para pemilik anjing mengeluh karena tingkah laku anjing peliharaannya yang tidak menyenangkan. Bahkan terkadang karena hal itu para pemilik dengan tega membuang anjingnya di jalanan atau lebih parah menyerahkannya pada tempat pemotongan (baca "pembantaian") anjing.
Ingat bahwa anjing adalah anjing dan mereka tidak bisa mengerti bahasa manusia. Berikut adalah kesalahan-kesalahan para pemilik yang saya temui selama menjadi Dog Trainer (Newbie Class).


1. "Memanusiakan" anjing











Seringkali para pemilik anjing apalagi apra pemula bersikap "memanusiakan anjing". Apa yang dimaksud "memanusiakan anjing"? Memanusiakan anjing berarti menganggap bahwa anjing seharusnya sudah pintar dan oleh karena itu jika salah maka ia harus dipukuli dengan kasar. Ini salah bung! Anjing adalah anjing dan anda sebagai pemiliknya harus melatihnya dengan hati dan bukan dengan sikap kasar. Jika anda bersikap kasar terhadap anjing maka anjing anda pun tidak akan mau menuruti anda. 

Bentuk hukuman memukul boleh dilakukan pada anjing selama tidak menyakiti anjing tersebut. Cukup dengan menarik tali kekang atau memukul pantatnya secara pelan pun anjing tau bahwa anda tidak senang dengan kenakalannya.

2. Memanjakan anjing 













Seringkali para pemilik anjing bingung ketika anjingnya tidak mau menyentuh makanan yang diberikan padanya. Hingga mereka mengganti-ganti jenis makanan sampai si anjing mau memakan makanannya. Tindakan ini justru akan membuat sebuah masalah di kemudian hari yaitu anjing menjadi bersifat amat manja dan hanya mau memakan makanan yang diinginkannya. Jika tidak sesuai selerenya maka ia tidak akan mau makan.


Anda harus mengajarkan anjing anda bahwa ia hanya boleh memakan makanan yang sudah disediakan dan bila tidak maka ia akan kelaparan. Caranya adalah dengan mengambil makanan yang tidak disentuhnya selama beberapa waktu. Sehingga ia akan tau bahwa ia hanya punya sedikit waktu untuk makan dan ia akan menghabiskannya.


3. Merantai anjing berjam-jam (talinya pendek pula)










Pertanyaanya adalah seandainya anda yang dirantai berjam-jam apa yang akan anda rasakan. Merantai anjing untuk beberapa waktu adalah hal wajar. Tetapi jika sudah berjam-jam ini tentunya salah karena anjing akan merasa bosan dan bisa bersifat amat destruktif. Ia butuh olahraga untuk membakar semua energi yang ada.

Apalagi kadang para pemilik merantai anjingnya dengan rantai yang pendek sehingga anjing menjadi cepat bosan karena tidak bisa bergerak dengan leluasa.


4. Memberi makan terus-menerus












Anda tahu obesitas atau kelebihan berat badan? Itu bukan terjadi hanya pada manusia saja tetapi juga pada anjing yang terlalu banyak diberi makan. Terkadang para pemilik begitu gencar memberi makan anjingnya dengan anggapan supaya sehat. Apa yang terjadi justru adalah anjing menjadi tidak sehat dan mudah terkena penyakit berat seperti serangan jantung.

5. Berjalan di belakang anjing
Kali ini yang saya maksudkan adalah orang-orang yang membawa anjingnya berjalan-jalan dengan posisi si anjing di depan dan ia di belakang. Dalam kasus ini ada pengecualian bagi anjing-anjing yang memang dilatih untuk menuntun orang buta atau orang tua.

Dalam kehidupan liarnya anjing yang berjalan di depan adalah sang pemimpin maka bila anda membiarkan ia berjalan di depan saat bersama anda. Ia akan menganggap dirinya berada di atas anda dan ia bisa pergi kemanapun ia mau. Anda harusnya berjalan dengan posisi berdiri sedikir lebih di depan anjing anda. Sehingga anjing anda menghormati anda sebagai tuannya dan ia akan mengikuti anda kemanapun anda pergi.


NB: Kecuali anjing-anjing penuntun yang memang dilatih sedemikian rupa sehingga sekalipun berjalan di depan ia tetap menganggap orang yang dituntunnya adalah tuannya.

No comments:

Post a Comment