Powered By Blogger

Wednesday, April 23, 2014

Alone, Sad, Lonely

Pernahkah anda merasa sendirian dan merasa dalam kegelapan yang begitu besar? 
Saya yakin setiap orang pernah mengalami hal ini dan ini adalah hal yang manusiawi

Terkadang saat merasa ditinggal, disakiti, dan sedih manusia akan masuk dalam kesendirian.

Lalu apakah anda berlarut-larut atau menikmati kesendirian itu? Bagaimana cara terbaik mengusir rasa sendiri? Berikut saya berikan tips-tips yang selama ini saya praktekkan ketika saya sedang sendirian dan sedih:


1. Mendengarkan alunan musik instrumental
Mungkin hal ini terkenal sedikit aneh dan malah membuat ngantuk. Siapa bilang? Jika anda menghayati alunan instrumen musik anda bisa dengan lebih konsentrasi menghayati keadaan sekitar anda. Merasakan setiap suara-suara yang ada. Entah itu suara alam, suara mesin, suara dari yang tidak kelihatan (Tuhan maksudnya, jangan pikir negatif dulu).

Ya dengan cara ini anda dapat masuk ke dalam diri dan merasa lebih rileks dalam menjalani masa-masa sulit dan sedih. Masuklah ke dalam diri sendiri dan rasakan betapa indahnya lingkungan sekitar maka anda tidak akan merasa sepi lagi.


2. Membaca Novel
Ini lagi yang aneh menurut sebagian orang. Mengapa mereka menganggap ini aneh? Karena mereka tidak tahu betapa menyenangkannya sebuah Novel. Entah itu bergenre horror, roman picisan, action, dsb Novel selalu dapat menjadi teman dikala sepi. Dengan membaca Novel setidaknya adna bisa berimajinasi akan sebuah peristiwa yang bisa membuat anda tidak lagi merasa sepi.
Anda tidak akan tahu betapa mengasyikannya sebuah novel sebelum anda membacanya

3. Main Catur
Hahaha saya yakin banyak orang akan tertawa karena saya berkata "main catur". Apakah salah? Dengan bermain catur anda bisa menstimulasi otak anda untuk terus bekerja. Ya catur identik dengan strategi yang baik dan bagaimana cara kita menjatuhkan bidak lawan. Dengan bermain catur anda bisa membuat otak anda sibuk dan tidak lagi merasa kesepian.

Selalu ada orang lain yang bersama anda, dia adalah bagian dalam hati dan pikiranmu sendiri.

4. Bermain dengan hewan peliharaan
Bermain dengan hewan peliharaan adalah salah satu cara saya menghilangkan kesedihan, kesendirian, dan Kesepian. Saya mempunyai anjing yang dengan tulus selalu menyambut kepulangan saya dan dalam kesepian dia selalu datang dan menjilati saya. Inilah yang membuat saya terharu betapa seekor anjing bisa mengerti kesedihan tuannya. Bahkan jilatan seekor anjing terkadang bisa meredakan tangisan seorang anak kecil yang menangis. Ups ini bukan posting mengenai anjing hahaha.

5. Berdoa
Menurut sebagian orang ini hanya cara yang digunakan oleh orang-orang alim (anak Teologi kadang tidak alim). Berdoa adalah komunikasi dengan Tuhan Sang Pencipta yang mengatur segala-galanya. Dalam kesedihan, kesendirian, dan kesepian berdoalah minta Tuhan menemani. Niscaya Ia akan menemani kita dalam kesepian, ya memang kita tidak dapat melihat-Nya namun entah kenapa hati kita menjadi tenteram setelah berdoa. Tuhan tidak pernah melihat doa dari berapa banyak isi doa atau siapa yang berdoa tetapi dari ketulusan doa tersebut. Maka itu kalau berdoa ya berdoalah dengan tulus dan sampaikan semua perasaan kepada Tuhan. Jika memang perlu menangis ya menangislah karena air mata adalah doa disaat anda tidak lagi mampu berkata-kata.

Berdoalah dalam keheningan karena disanalah anda dapat menemukan Tuhan

Dalam keheningan aku bertemu dengan Tuhan (Ibu Theresa).


Terakhir saya ingin memberikan sebuah kata mutiara dalam kesedihan:

Ada hal-hal yang tidak ingin kita ketahui tapi harus kita pelajari
Ada hal-hal yang tidak ingin kita lihat tapi harus terjadi
Ada orang-orang yang tidak ingin kita lepaskan tapi harus kita pasrahkan

-Anonim-

No comments:

Post a Comment